Desa Mekar sari  berdiri pada tahun 1986 yang semula bernama  Unit Pemukiman Transmigrasi Kumpeh II ( UPT Kumpeh II ) yang masyarakat/penduduknya  sebagian besar di datangkan dari pulau jawa (transmigrasi Umum)  pada awal- awal pembentukan  UPT Kumpeh II mengalami kejayaan di sektor pertanian tanaman pangan dan pala wija hingga beberapa kali mengadakan panen raya jagung baik oleh Bapak  Bupati Batang Hari, Bapak Gubernur Jambi Maupun Bapak Menteri Pertanian .
Seiring dengan pergeseran waktu dan iklim yang berubah-ubah di desa Mekar sari  yang derahnya rendah dan sering terkena luapan banjir dari sungai batang hari  , maka pertanian tanaman pangan sering merngalami gagal panen baik  di sebabkan oleh ilklim yang tidak sesuai  maupun oleh bencana banjir .
Maka dari tahun ketahun   sebagian besar masyarakat mulai menanam Kelapa sawit bagi lahan yang rendah , dan yang tinggi dengan menanam karet .
Desa Mekar sari telah mengalami pergantian  Kepala Desa selama 3 kali,yaitu sebagai berikut :

 

-KUPT Mekar Sari Periode Tahun 1987 - 1992 dipimpin oleh MARDJUNI

 

-PLT Kepala Desa Mekar Sari Periode Tahun 1992 - 1994  dipimpin oleh HARSUDI
-Kepala Desa Mekar Sari Periode Tahun 1994 - 2002 dipimpin oleh SUBASRI
-Kepala Desa Mekar Sari Periode Tahun 2002 - 2013 dipimpin oleh RUDIYANTO,SP

-Dari Tahun 2013 sampai sekarang dipimpin oleh Bapak Sofyan Hadi
 
 Penduduk Desa Mekar sari yang semula pada tahun  1986 terdiri dari 500 KK   mengalami peningkatan  jumlah penduduk  menjadi lebih dari 702 KK yang tersebar di 17 Rukun Tetangga ( RT ).
 
kunjungi website resmi Pemerintah Desa Mekar Sari https://mekarsari-kumpeh.desa.id