kumpeh-coba-wujudkan-desa-digital

Kumpeh coba wujudkan Desa Digital

 02 Mar 2022 |  Administrator

Seluruh Desa/Kelurahan di Kecamatan Kumpeh menggunakan OpenDesa. OpenDesa dibentuk terutama untuk menjamin keberlangsungan pengembangan OpenSID dengan mempertahankan keunggulannya sebagai aplikasi desa yang gratis, mudah diperoleh, rutin disempurnakan dan terbuka untuk dikembangkan oleh komunitas.

Salah satu strategi untuk mencapai tujuan itu adalah dengan menghimpun dana yang dapat digunakan membayar programmer untuk terus mengembangkan OpenSID. Dana perlu dihimpun dengan berbagai cara, termasuk melalui layanan berbayar.

Selain itu, OpenDesa juga bertujuan membantu desa memanfaatkan OpenSID dan aplikasi sumber terbuka lainnya semaksimal mungkin untuk memajukan desa. OpenDesa adalah lembaga nirlaba berbasis komunitas, di mana semua dana yang terkumpul tidak dapat digunakan untuk keuntungan pribadi, tetapi sepenuhnya digunakan untuk mengembangkan lembaga OpenDesa sendiri termasuk keperluan anggotanya dan aplikasi yang dikelolanya. Namun, untuk dapat menyediakan layanan yang profesional dan berkualitas tinggi, menggunakan narasumber yang profesional dan berkualitas tinggi, layanan yang diberikan harus berbayar.

Layanan yang disediakan OpenDesa terkait teknologi sumber terbuka (open source) yang berpotensi memajukan desa. Layanan OpenDesa terutama fokus pada pemanfaatan aplikasi yang dikelola dan dikembangkan oleh OpenDesa sendiri, seperti OpenSID dan OpenDK. Layanan yang ditawarkan OpenDesa bertujuan memberikan kemudahan bagi desa, untuk meningkatkan  efisiensi dan efektifitas kerja desa yang menggunakan aplikasi yang dikelola OpenDesa. Pada prinsipnya, jenis layanan yang potensial diberikan OpenDesa seputar bidang tersebut di atas tidak terbatas, dan bisa mencakup layanan seperti penjualan produk, pendampingan desa, bimbingan teknis, pelatihan, hosting, pelaksanaan proyek kerjasama, pengembangan aplikasi, penawaran proyek rekayasa sosial, dstnya. Layanan yang ditawarkan OpenDesa akan berubah setiap saat, tergantung dari keadaan dan kebutuhan yang ada.

Selanjutnya, Kecamatan Kumpeh juga mencoba Aplikasi Dashboard Kecamatan (OpenDK) yang merupakan aplikasi open source dan bebas digunakan oleh semua kecamatan dan kabupaten di seluruh indonesia.

OpenDK berfungsi  untuk mengumpulkan data dari beberapa desa dari  suatu kecamatan/kabupaten dan menampilkan data dari aplikasi OpenSID yang dikelola oleh desa di wilayah kecamatan Kumpeh.


DICKY FERDIANSYAH S, S.STP
Camat Kumpeh

Sinergi Program

SIKEMA

Kirim Keluhan

Lacak Keluhan Anda!

KELUHAN TERJAWAB

Media Sosial

PENGUNJUNG